Beberapa ahli diantaranya : Noe, et. al, (1999), Aamodt,
(1996), dan Anastasi, (1993), membagi dan menguraikan metode penilaian kinerja
sebagai berikut :
Rating (rating method). Rating sistematis yang formal adalah
membandingkan seorang karyawan dengan seluruh karyawan lainnya untuk tujuan
menempatkan mereka dalam ranking nilai yang sederhana. Metode ini melibatkan
sejumlah perilaku yang terkait dengan pekerjaan yang secara longgar dirumuskan,
dan penilai (rater) diminta untuk menjawab dimensi-dimensi perilaku itu pada
beberapa skala nilai. Skala nilai yang diberikan dapat mencakup yang “sangat
bagus”, atau “sangat diinginkan”, hingga “yang sangat jelek” atau “sangat tidak
diinginkan”.
Perbandingan antar karyawan : digunakan untuk memilah-milah
bagian- bagian kinerja dan menganalisa komponen-komponennya menggunakan rating
antar karyawan.
Tingkatan (ranking method) : kategori nilai ditetapkan
terlebih dahulu dan didefinisikan dengan hati-hati. Disini rater dipaksa untuk
mengurutkan mereka yang dinilai pada satu atau beberapa
dimensi kinerja, kemudian hasilnya diranking dari yang paling baik atau paling
tinggi hingga ke yang paling jelek atau paling rendah.
Skala grafik : metode sistematis dari penilaian kinerja
dengan penentuan skala untuk sejumlah keterbukaan dari faktor-faktor khusus.
Daftar : dipergunakan untuk mengurangi beban pada penilai.
Penilai tidak mengevaluasi kinerja karyawan tetapi melaporkan.
Deskripsi pilihan tertutup : digunakan untuk mengurangi atau
menghilangkan kemungkinan adanya bias dari rater, dengan cara rater diminta
untuk memilih salah satu dari tiap pasangan pernyataan yang dinilai.
Skala rating perilaku (Behavior anchored rating scales) :
mengukur sarana pencapaian sasaran dan bukannya hasil akhir (end results).
Setiap nilai dikaitkan (anchored) dengan dengan perilaku kerja yang spesifik.
Esai : metode penilaian kinerja atasan menuliskan sebuah
narasi yang menjelaskan prestasi kerja bawahannya.
Dalam penelitian ini penulis memilih faktor-faktor kinerja
yang akan diukur dengan mengacu pada kriteria penilaian kinerja dari Cascio,
(1998), yang meliputi 2 (dua) aspek utama, yaitu : penilaian kualitatif dan
penilaian kuantitatif. Penilaian kualitatif meliputi, penilaian terhadap :
Ketrampilan : kemampuan (kompetensi) yang diperlukan untuk
mencapai tujuan agar berhasil, yang terdiri : ketrampilan teknis, ketrampilan
manusiawi dan ketrampilan konseptual.
Kreatifitas : kemampuan mengembangkan kreatifitas untuk
menyelesaikan pekerjaan, sehingga dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna.
Tanggung-jawab : besar kecilnya tanggung jawab yang
diberikan oleh seorang karyawan, dan atau kesediaannya mempertanggung-jawabkan
kebijaksanaan, komitmen organisasi, perilaku, sarana dan prasarana yang dipergunakan,
beban pekerjaan dan hasil kerja.
Kerjasama : kesediaan karyawan untuk bekerjasama dengan
karyawan lain baik secara vertikal maupun horizontal, di dalam melaksanakan
pekerjaan.
Prakarsa : kemampuan berfikir secara orisinil dan
berdasarkan inisiatif sendiri untuk menganalisis, menilai, menciptakan,
memberikan alasan, mendapatkan kesimpulan, dan membuat keputusan dalam
penyelesaian masalah yang dihadapi.
Kesetiaan : kesetiaan terhadap pekerjaannya, jabatannya, dan
organisasi. Kesetiaan dicerminkan oleh kesediaannya menjaga dan membela
organisasi di dalam maupun diluar pekerjaannya terhadap rongrongan orang yang
tidak bertanggungjawab.
Kedisiplinan : kesediaan mematuhi peraturan-peraturan yang
ada dan mengerjakan pekerjaan sesuai dengan instruksi yang diberikan.
Absensi : tingkat kehadiran karyawan dalam bekerja.
Ketidakhadiran dan tidak bekerjanya karyawan disebabkan karena sakit, izin,
alpa atau cuti.
Penilaian kuantitas kerja meliputi :
Jumlah hasil yang diperoleh.
Jumlah waktu yang digunakan.
Jumlah kesalahan yang dilakukan.
Metode yang dipergunakan adalah metode rating yang dilakukan
oleh 2 (dua) orang rater, yaitu seorang atasan dan seorang rekan kerja. Mengacu
pada pendapat Keeping & Levy, (2000), dengan menggunakan skala rating akan
dihindari unsur subyektifitas, akan tetapi tetap diupayakan adanya validitas
dan reliabilitas penilaian : validitas sebagai fungsi dari keragaman penilaian,
sebagai fungsi dari pengetahuan penilai pada perilaku yang akan dinilai,
sebagai fungsi dari tujuan penelitian, hasil penilaian harus bebas dari bias,
dan sebagai fungsi dari lamanya waktu dalam penilaian, serta sebagai fungsi dan
karakteristik penilai.
Adapun segi reliabilitas yang perlu diperhatikan adalah :
kondisi penilaian konsisten, diperoleh dari penilaian yang dilakukan oleh
penilai, perbandingan penilaian dicapai dengan cara membandingkan hasil
penilaian dari 2 (dua) orang atau lebih penilai yang dianggap memadai yaitu
penilai yang berpengalaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar