Kamis, 02 Mei 2013

Komunikasi dalam Psikologi


1.            Devenisi psikologi komunikasi 

Psikologi Komunikasi sangat esensial untuk pertumbuhan kepribadian manusia.Kurangnya komunikasi akan menghambat perkembangan kepribadian. Komunikasi amat eratkaitannya dengan perilaku dan pengalaman kesadaran manusia.Dalam sejarah perkembangannya komunikasi memang dibesaran oleh para peneliti psikologi.Bapak Ilmu Komunikasi yang disebut Wilbur Schramm adalah sarjana psikologi. Kurt Lewinadalah ahli psikologi dinamika kelompok. Komunikasi bukan subdisiplin dari psikologi. Sebagaiilmu, komunikasi dipelajari bermacam-macam disiplin ilmu, antara lain sosiologi dan psikologi.

2.            Ruang Lingkup Psikologi Komunikasi 

Hovland, Janis, dan Kelly, semuanya psikolog, mendefinisikan komunikasisebagai ´the process by which an individual (the communicator) transmits stimuli (usuallyverbal) to modify the behavior of other individuals (the audience). Dance mengartikankomunikasi dalam kerangka psikologi behaviorisme sebagai usaha ³menimbulkan responmelalui lambang-lambang verbal.´Kamus psikologi, menyebutkan enam pengertian komunikasi.
1. Penyampaian perubahan energi dari satu tempat ke tempat yang lain seperti dalamsistem saraf atau penyampaian gelombang-gelombang suara.
2. Penyampaian atau penerimaan sinyal atau pesan oleh organism
.3. Pesan yang disampaikan
4. (Teori Komunikasi) Proses yang dilakukan satu sistem yang lain melalui pengaturansinyal-sinyal yang disampaikan.
5. (K.Lewin) Pengaruh suatu wilayah persona pada wilayah persona yang lain sehinggaperubahan dalam satu wilayah menimbulkan peribahan yang berkaitan pada wilayah lain.
6. Pesan pasien kepada pemberi terapi dalam psikoterapi.

Psikologi mencoba menganalisa seluruh komponen yang terlibat dalam proseskomunikasi. Pada diri komunikasi, psikologi memberikan karakteristik manusia komunikan sertafaktor-faktor internal maupun eksternal yang memengaruhi perilaku komunikasinya. Padakomunikator, psikologi melacak sifat-sifatnya dan bertanya : Apa yang menyebabkan satusumber komunikasi berhasil dalam memengaruhi orang lain, sementara sumber komunikasiyang lain tidak?Psikologi juga tertarik pada komunikasi diantara individu : bagaimana pesan dari seorangindividu menjadi stimulus yang menimbulkan respon pada individu lainnya. Komunikasi boleh
ditujukan untuk memberikan informasi, menghibur, atau memengaruhi. Persuasif sendiri dapatdidefinisikan sebagai proses mempengaruhi dan mengendalikan perilaku orang lain melaluipendekatan psikologis.

3.Penggunaan Psikologi Komunikasi 

Tanda-tanda komunikasi efektif menimbulkan lima hal :
1. Pengertian : Penerimaan yang cermat dari isi stimuli seperti yang dimaksudkan olehkomunikator 
2. Kesenangan : Komunikasi fatis (phatic communication), dimaksudkan menimbulkankesenangan. Komunikasi inilah yang menjadikan hubungan kita hangat, akrab, danmenyenangkan.
3. Mempengaruhi sikap : Komunikasi persuasif memerlukan pemahaman tentang faktor-faktor pada diri komunikator, dan pesan menimbulkan efek pada komunikate. Persuasi didefiniksikansebagai ´proses mempengaruhi pendapat, sikap, dan tindakan dengan menggunakanmanipulasi psikologis sehingga orang tersebut bertindak seperti atas kehendaknya sendiri.
4. Hubungan sosial yang baik : manusia adalah makhluk sosial yang tidak tahan hidup sendiri.Kita ingin berhubungan dengan orang lain secara positif. Abraham Maslow menyebutnyadengan ´kebutuhan akan cinta´ atau ´belongingness´. William Schutz merinci kebuthan dalamtiga hal : kebutuhan untuk menumbuhkan dan mempertahankan hubungan yang memuaskandengar orang lain dalam hal interaksi dan asosiasi (inclusion), pengendalian dan kekuasaan(control), cinta serta rasa kasih sayang (affection).
5. Tindakan : Persuasi juga ditujukan untuk melahirkan tindakan yang dihendaki. Menimbukantindakan nyata memang indikator efektivitas yang paling penting. Karena untuk menimbulkantidakan, kita harus berhasil lebih dulu menanamkan pengertian, membentuk dan menguhansikap, atau menumbukan hubungan

Pengertian Komunikasi Menurut Beberapa Ahli komunikasi 
                                                       
Berikut merupakan rangkuman beberapa pengertian komunikasi yang dipaparkan olehbeberapa ahli dibidang komunikasi, antara lain adalah:
1. Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa? mengatakanapa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa? (who? says what? inwhich channel? to whom? with what effect?). (Harold Lasswell 1960)
2. Hovland, Janis, dan Kelly mendefinisikan bahwa comunication is the process by which anindividual (the comunicator) transmits stimuli(usually verbal) to modify the behavior of other individuals(the audience). Mengartikan kerangka komunikasi dalam perspektif behavior adalahusaha menimbulkan respon melalui lambang verbal.
3. Colon Cherry (1964) mendefinisikan komunikasi sebagai, ´usaha untuk membuat suatusatuan sosial dari individu dengan menggunakan bahasa atau tanda. Memiliki bersamaserangkaian peraturan untuk berbagai kegiatan mencapai tujuan.´
4. Pengertian komunikasi menurut Dale Yoder, dkk dalam Surakhmat (2006:17),Communication is the interchange of information, ideas, attitudes, thoughts, and/or opinions.Komunikasi adalah pertukaran informasi, ide, sikap, pikiran dan/atau pendapat.
5. Komunikasi adalah pengaruh satu wilayah persona pada wilayah persona lain sehinggaperubahan dalam satu wilayah menimbulkan perubahan yang berkaitan pada wilayah lain. (K.Lewin)
6. Frank Dance mengartikan komunikasi dalam kerangka psikologi behaviorisme sebagai usaha³menimbulkan respon melalui lambang-lambang verbal.
´7. komunikasi merupakan suatu konsep yang multi makna (Anwar arifin (1988:17))
8. Pengertian komunikasi menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia oleh W.J.S.Poerwadarminta mengatakan bahwa komunikasi itu adalah perhubungan oleh pihak ketiga
.9. Pengertian komunikasi menurut Ensiklopedia adalah penyelenggaraan tata hubungankegiatan menyampaikan warta, dari satu pihak ke pihak lain dalam suatu organisasi/instansi.
10. Komunikasi ialah sejenis proses permindahan maklumat melalui sistem simbol yang sama.Komunikasi juga salah satu disiplin akademik. Definisi komunikasi ialah "satu prosesperpindahan maklumat, perasaan, idea dan fikiran seseorang individu kepadaindividu/sekumpulan individu yang lain".(Wikipedia)
11. Komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhipikiran orang lainnya. Weaver, 1949
12. Aristoteles (ruben, 2002:21) komunikasi adalah alat dimana warga masyarakat dapatberpartisipasi dalam demokrasi
13. Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki olehseseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih. Gode, 1959.


II. Pengertian Psikologi

Psikologi berasal dari kata Yunani ³psyche´ yang artinya jiwa. Logos berarti ilmu pengetahuan.Jadi secara etimologi psikologi berarti : ³ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenaigejalanya, prosesnya maupun latar belakangnya´Psikologi juga dikenal sebagai ³The study of soul / mind´.Dasarnya dari Filsafat, sebagaimana ilmu pengetahuan lainnya.Psikologi juga didefinisikan sebagai kajian saintifik tentang tingkahlaku dan proses mentalorganisme.Bila kita mencermati arti psikologi komunikasi dari kata-kata yang membentuknya, maka akan kita temukan dua kata yang berbeda maknanya, namun saling berkaitan, yaitu psikologi dankomunikasi.Dari penjelasan di atas, kita dapat menemukan definisi harfiah dari psikologi komunikasi.Psikologi komunikasi adalah ilmu yang berusaha menguraikan, meramalkan, danmengendalikan peristiwa mental dan behavioral dalam komunikasi.

FAKTOR-FAKTOR PERSONAL YANG  MEMPENGARUHI  PERILAKU  MANUSIA

Ada dua macam psikologi sosial.
Psikologi sosial dengan huruf P besar 
psikologi sosial dengan huruf S besar 

Kedua pendekatan ini menekankan faktor-faktor psikologis dan faktor-faktor sosial. Ataudengan istilah lain faktor-faktor yang timbul dari dalam individu (faktor personal),dan faktor-faktor berpengaruh yang datang dari luar individu (faktor environmental).

McDougall menekankan pentingnya faktor personal dalam menentukan interaksi sosial dalammembentuk perilaku individu. Menurutnya, faktor-faktor personallah yang menentukan perilakumanusia.

Menurut Edward E. Sampson, terdapat perspektf yang berpusat pada persona dan perspektif yang berpusat pada situasi. Perspektif yang berpusat pada persona mempertanyakan faktor-faktor internal apakah, baik berupa instik, motif, kepribadian, sistem kognitif yang menjelaskanperilaku manusia. Secara garis besar terdapat dua faktor.
Faktor Biologis
Faktor biologis terlibat dalam seluruh kegiatan manusia, bahkan berpadu dengan faktor-faktor sosiopsikologis. Menurut Wilson, perilaku sosial dibimbing oleh aturan-aturan yang sudahdiprogram secara genetis dalam jiwa manusia. Pentingnya kita memperhatikan pengaruhbiologis terhadap perilaku manusia seperti tampak dalam dua hal berikut.Telah diakui secara meluas adanya perilaku tertentu yang merupakan bawaan manusia, danbukan perngaruh lingkungan atau situasi.diakui pula adanya faktor-faktor biologis yang mendorong perilaku manusia, yang lazim disebutsebagai motif biologis. Yang paling penting dari motif biologis adalah kebutuhan makan-minumdan istirahat, kebutuhan seksual, dan kebutuhan untuk melindungi diri dari bahaya.



Faktor Sosiopsikologis
Kita dapat mengkalsifikasikannya ke dalam tiga komponen.Komponen Afektif merupakan aspek emosional dari faktor sosiopsikologis, didahulukan karena erat kaitannyadengan pembicaraan sebelumnya.Komponen Kognitif Aspek intelektual yang berkaitan dengan apa yang diketahui manusia.
 
Komponen Konatif Aspek volisional, yang berhubungan dengan kebiasaan dan kemauan bertindak.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar