1.
Devenisi psikologi komunikasi
Psikologi
Komunikasi sangat esensial untuk pertumbuhan kepribadian manusia.Kurangnya
komunikasi akan menghambat perkembangan kepribadian. Komunikasi amat eratkaitannya
dengan perilaku dan pengalaman kesadaran manusia.Dalam sejarah perkembangannya
komunikasi memang dibesaran oleh para peneliti psikologi.Bapak Ilmu Komunikasi yang disebut
Wilbur Schramm adalah sarjana psikologi. Kurt Lewinadalah ahli psikologi dinamika kelompok. Komunikasi bukan subdisiplin
dari psikologi. Sebagaiilmu, komunikasi dipelajari bermacam-macam disiplin
ilmu, antara lain sosiologi dan psikologi.
2.
Ruang Lingkup Psikologi Komunikasi
Hovland,
Janis, dan Kelly, semuanya psikolog, mendefinisikan komunikasisebagai ´the
process by which an individual (the communicator) transmits stimuli
(usuallyverbal) to modify the behavior of other individuals (the audience).
Dance mengartikankomunikasi dalam kerangka psikologi behaviorisme sebagai usaha
³menimbulkan responmelalui lambang-lambang verbal.´Kamus psikologi, menyebutkan
enam pengertian komunikasi.
1. Penyampaian perubahan energi dari satu tempat ke tempat yang lain
seperti dalamsistem saraf atau penyampaian gelombang-gelombang suara.
2. Penyampaian atau penerimaan sinyal atau pesan oleh organism
.3. Pesan yang disampaikan
4. (Teori Komunikasi) Proses yang dilakukan satu sistem yang lain
melalui pengaturansinyal-sinyal yang disampaikan.
5. (K.Lewin) Pengaruh suatu wilayah persona pada wilayah persona yang
lain sehinggaperubahan dalam satu wilayah menimbulkan peribahan yang berkaitan
pada wilayah lain.
6. Pesan pasien kepada pemberi terapi dalam psikoterapi.
Psikologi mencoba menganalisa seluruh komponen yang terlibat dalam
proseskomunikasi. Pada diri komunikasi, psikologi memberikan karakteristik
manusia komunikan sertafaktor-faktor internal maupun eksternal yang memengaruhi
perilaku komunikasinya. Padakomunikator, psikologi melacak sifat-sifatnya dan
bertanya : Apa yang menyebabkan satusumber komunikasi berhasil dalam
memengaruhi orang lain, sementara sumber komunikasiyang lain tidak?Psikologi
juga tertarik pada komunikasi diantara individu : bagaimana pesan dari
seorangindividu menjadi stimulus yang menimbulkan respon pada individu lainnya.
Komunikasi boleh
ditujukan
untuk memberikan informasi, menghibur, atau memengaruhi. Persuasif sendiri
dapatdidefinisikan sebagai proses mempengaruhi dan mengendalikan perilaku orang
lain melaluipendekatan psikologis.
3.Penggunaan
Psikologi Komunikasi
Tanda-tanda
komunikasi efektif menimbulkan lima hal :
1. Pengertian : Penerimaan yang cermat dari isi stimuli seperti yang
dimaksudkan olehkomunikator
2. Kesenangan : Komunikasi fatis (phatic communication), dimaksudkan
menimbulkankesenangan. Komunikasi inilah yang menjadikan hubungan kita hangat,
akrab, danmenyenangkan.
3. Mempengaruhi sikap : Komunikasi persuasif memerlukan pemahaman
tentang faktor-faktor pada diri komunikator, dan pesan menimbulkan efek
pada komunikate. Persuasi didefiniksikansebagai ´proses mempengaruhi pendapat,
sikap, dan tindakan dengan menggunakanmanipulasi psikologis sehingga orang
tersebut bertindak seperti atas kehendaknya sendiri.
4. Hubungan sosial yang baik : manusia adalah makhluk sosial yang tidak
tahan hidup sendiri.Kita ingin berhubungan dengan orang lain secara positif.
Abraham Maslow menyebutnyadengan ´kebutuhan akan cinta´ atau ´belongingness´.
William Schutz merinci kebuthan dalamtiga hal : kebutuhan untuk menumbuhkan dan
mempertahankan hubungan yang memuaskandengar orang lain dalam hal interaksi dan
asosiasi (inclusion), pengendalian dan kekuasaan(control), cinta serta rasa kasih sayang (affection).
5. Tindakan : Persuasi juga ditujukan untuk melahirkan tindakan yang
dihendaki. Menimbukantindakan nyata memang indikator efektivitas yang paling
penting. Karena untuk menimbulkantidakan, kita harus berhasil lebih dulu
menanamkan pengertian, membentuk dan menguhansikap, atau menumbukan hubungan
Pengertian
Komunikasi Menurut Beberapa Ahli komunikasi
Berikut
merupakan rangkuman beberapa pengertian komunikasi yang dipaparkan olehbeberapa
ahli dibidang komunikasi, antara lain adalah:
1. Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan
siapa? mengatakanapa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau
hasil apa? (who? says what? inwhich channel? to whom? with what effect?).
(Harold Lasswell 1960)
2. Hovland, Janis, dan Kelly mendefinisikan bahwa comunication is the
process by which anindividual (the comunicator) transmits stimuli(usually
verbal) to modify the behavior of other individuals(the audience).
Mengartikan kerangka komunikasi dalam perspektif behavior adalahusaha
menimbulkan respon melalui lambang verbal.
3. Colon Cherry (1964) mendefinisikan komunikasi sebagai, ´usaha untuk
membuat suatusatuan sosial dari individu dengan menggunakan bahasa atau tanda.
Memiliki bersamaserangkaian peraturan untuk berbagai kegiatan mencapai tujuan.´
4. Pengertian komunikasi menurut Dale Yoder, dkk dalam Surakhmat
(2006:17),Communication is the interchange of information, ideas, attitudes,
thoughts, and/or opinions.Komunikasi adalah pertukaran informasi, ide, sikap,
pikiran dan/atau pendapat.
5. Komunikasi adalah pengaruh satu wilayah persona pada wilayah persona
lain sehinggaperubahan dalam satu wilayah menimbulkan perubahan yang berkaitan
pada wilayah lain. (K.Lewin)
6. Frank Dance mengartikan komunikasi dalam kerangka psikologi
behaviorisme sebagai usaha³menimbulkan respon melalui lambang-lambang verbal.
´7. komunikasi merupakan suatu konsep yang multi makna (Anwar arifin
(1988:17))
8. Pengertian komunikasi menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia oleh
W.J.S.Poerwadarminta mengatakan bahwa komunikasi itu adalah perhubungan oleh
pihak ketiga
.9. Pengertian komunikasi menurut Ensiklopedia adalah penyelenggaraan
tata hubungankegiatan menyampaikan warta, dari satu pihak ke pihak lain dalam
suatu organisasi/instansi.
10. Komunikasi ialah sejenis proses permindahan maklumat melalui sistem
simbol yang sama.Komunikasi juga salah satu disiplin akademik. Definisi
komunikasi ialah "satu prosesperpindahan maklumat, perasaan, idea dan
fikiran seseorang individu kepadaindividu/sekumpulan individu yang
lain".(Wikipedia)
11. Komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang
dapat mempengaruhipikiran
orang lainnya. Weaver, 1949
12. Aristoteles (ruben, 2002:21) komunikasi adalah alat dimana warga
masyarakat dapatberpartisipasi
dalam demokrasi
13. Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang
semula dimiliki olehseseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua
orang atau lebih. Gode, 1959.
II. Pengertian Psikologi
Psikologi berasal dari kata Yunani ³psyche´ yang artinya jiwa. Logos
berarti ilmu pengetahuan.Jadi secara etimologi psikologi berarti : ³ilmu yang
mempelajari tentang jiwa, baik mengenaigejalanya, prosesnya maupun latar
belakangnya´Psikologi juga dikenal sebagai ³The study of soul / mind´.Dasarnya
dari Filsafat, sebagaimana ilmu pengetahuan lainnya.Psikologi juga
didefinisikan sebagai kajian saintifik tentang tingkahlaku dan proses mentalorganisme.Bila kita mencermati arti psikologi komunikasi dari kata-kata yang
membentuknya, maka akan kita temukan
dua kata yang berbeda maknanya, namun saling berkaitan, yaitu psikologi dankomunikasi.Dari penjelasan di atas, kita dapat menemukan definisi
harfiah dari psikologi komunikasi.Psikologi komunikasi adalah ilmu yang
berusaha menguraikan, meramalkan, danmengendalikan peristiwa mental dan
behavioral dalam komunikasi.
FAKTOR-FAKTOR
PERSONAL YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MANUSIA
Ada dua macam
psikologi sosial.
Psikologi
sosial dengan huruf P besar
psikologi
sosial dengan huruf S besar
Kedua
pendekatan ini menekankan faktor-faktor psikologis dan faktor-faktor sosial.
Ataudengan istilah lain faktor-faktor yang timbul dari dalam individu (faktor
personal),dan faktor-faktor berpengaruh yang datang dari luar individu (faktor
environmental).
McDougall
menekankan pentingnya faktor personal dalam menentukan interaksi sosial
dalammembentuk perilaku individu. Menurutnya, faktor-faktor personallah yang
menentukan perilakumanusia.
Menurut Edward
E. Sampson, terdapat perspektf yang berpusat pada persona dan
perspektif yang berpusat pada situasi. Perspektif yang berpusat pada
persona mempertanyakan faktor-faktor internal apakah, baik berupa instik, motif,
kepribadian, sistem kognitif yang menjelaskanperilaku manusia. Secara garis besar terdapat dua faktor.
Faktor Biologis
Faktor biologis terlibat dalam seluruh kegiatan manusia, bahkan berpadu
dengan faktor-faktor sosiopsikologis. Menurut Wilson, perilaku sosial
dibimbing oleh aturan-aturan yang sudahdiprogram secara genetis dalam jiwa
manusia. Pentingnya kita memperhatikan pengaruhbiologis terhadap perilaku
manusia seperti tampak dalam dua hal berikut.Telah diakui secara meluas adanya
perilaku tertentu yang merupakan bawaan manusia, danbukan perngaruh lingkungan
atau situasi.diakui pula adanya faktor-faktor biologis yang mendorong perilaku
manusia, yang lazim disebutsebagai motif biologis. Yang paling penting dari
motif biologis adalah kebutuhan makan-minumdan istirahat, kebutuhan seksual,
dan kebutuhan untuk melindungi diri dari bahaya.
Faktor Sosiopsikologis
Kita dapat mengkalsifikasikannya ke dalam tiga komponen.Komponen
Afektif merupakan aspek emosional dari faktor sosiopsikologis, didahulukan
karena erat kaitannyadengan pembicaraan sebelumnya.Komponen Kognitif Aspek
intelektual yang berkaitan dengan apa yang diketahui manusia.
Komponen
Konatif Aspek volisional, yang berhubungan dengan kebiasaan dan kemauan
bertindak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar