Minggu, 14 Oktober 2012

15. Perencanaan Pernikahan



Perencanaan pernikahan hampir membuat Anda menjadi seorang investigator. Mengumpulkan berbagai informasi mengenai vendor pernikahan, menggali informasinya sampai dalam. Bukan berarti Anda seorang pemilih, namun pernikahan itu sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan Anda, oleh karena itu Anda harus tepat dalam memilih vendor pernikahan.
            Menggali Informasi Selengkap Mungkin
Kegiatan investigasi ini, tidak hanya membantu Anda memilih vendor yang tepat tetapi juga dapat membantu Anda berhemat dalam masalah anggaran pernikahan. Setelah mengumpulkan berbagai informasi mengenai vendor pernikahan, Anda dapat membandingkan mana yang lebih baik, dari segi harga maupun profesionalnya.

Bantuan Keluarga dan Kerabat
Tidak ada salahnya meminta atau menerima bantuan keluarga atau kerabat, misalnya jika kerabat Anda seorang fotografer, mengapa tidak memanfaatkan keahliannya untuk mengabadikan hari pernikahan Anda. Setidaknya harga yang Anda dapatkan dari kerabat dapat menghemat anggaran pernikahan.
            Memesan Jauh Hari
Gedung resepso, catering, kartu undangan, merupakan beberapa yang perlu Anda pesan jauh hari sebelum hari H. Jika Anda memesan secara mendadak, ada kemungkinan vendor akan menaikkan harga. Misalnya, memesan kartu undangan mendekati hari H, agar undangan siap tepat pada waktu tentunya Anda meminta vendor untuk mempercepat produksinya. Percepatan produksi tersebut dapat memicu naiknya biaya pemesanan.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda melakukan pemesanan atau persiapan jauh hari sebleum hari H. Selain menghemat anggaran, juga mencegah kepanikan.
Menggabungkan Prosesi Pernikahan
Jika Anda berencana melakukan akad/pemberkatan dan resepsi pernikahan secara terpisah/beda hari, sebaiknya dipikirkan ulang. Melangsungkan acara berbeda hari akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk menghemat anggaran pernikahan,dalam perencanaan pernikahan Anda, ada baiknya menggabungkan prosesi pernikahan dalam satu hari, karena dapat menghemat make-up serta catering.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar