Pada pertemuan ke-4.
Bapak Amril Muhammad menjelaskan kepada kami mengenai "Perencanaan Peserta
Didik" pada mata kuliah manajemen peserta didik. Perencanaan merupakan
langkah awal untuk melakukan suatu kegiatan.
Pada dasarnya pengertian perencanaan adalah:
- Perencanaan dibuat untuk dilaksanakan pada waktu yang akan datang.
- Pengambilan keputusan --- memilih alternatif terbaik --- beberapa alternatif.
- Sistematis; Menggunakan langkah-langkah dan prinsip-prinsip tertentu dapat dikatakan dengan menggunakan prinsip ilmiah (sesuai dengan fakta dan data).
- Untuk mencapai tujuan yang ingin kita capai.
Perencanaan pendidikan adalah penentuan urutan tindakan, prakiraan biaya,
serta penggunaan waktu untuk mengelola peserta didik yang didasari atas fakta
dan data dengan memperhatikan prioritas yang wajar, bersifat efisien untuk
mencapai tujuan pendidikan.
Untuk apa kita membuat suatu perencanaan???
- Perencanaan dibuat untuk menentukan arah dan tujuan
- Perencanaan dibuat untuk menentukan apa yang akan dikerjakan
- Perencanaan dibuat untuk menentukan kapan dikerjakan
- Perencanaan dibuat untuk menentukan bagaimana cara mengerjakannya
- Perencanaan dibuat untuk menentukan siapa yang mengerjakan
Bagian dari Perencanaan Peserta didik:
Jalur Formal:
TK, SMP, SMA, Pesantren, MA, MTS, MI, SMK.
Faktor Eksternal
- Industry and marketing; kita harus mengetahui keadaan pasar di daerah yang menjadi tujuan kita.
- Competitor; kita harus mengetahui siapa dan bagaimana para pesaing kita.
- Political and regulatory
- Social
- Human resources; sumber daya manusia hendaknya merupakan sumber daya manusia yang memiliki kualitas yang sangat baik.
- Macroeconomic; kita harus tepat sasaran, dilihat dari berbagai aspek terutama dari aspek perekonomi dalam mendirikan sebuah sekolah.
- Technological. Tekhnologi yang semakin berkembang mengaharuskan kita memiliki dan memanfaatkan tekhnologi yang ada.
Interbal Resources Analysis
- Financial; dalam perencanaan peserta didik kita haru mengetahui keuangan yang kita miliki
- Human resources assesment
- Marketing audit
- Operation and analysis
- Internal resources; R&D ( Research & Deveploment)
Dalam membuat perencanaan dalam pendidikan. Kita harus mengetahui
muatan-muatan dari perencanaan pendidikan, diantaranya :
- Strategi
- Kebijakan
- Program
- Prosedur
- Metode
- Sistem
- Anggaran
- Standar yang dibutuhkan
Materi dalam Perencanaan Pendidikan
- Rekrutmen; proses mencari, menemukan, mengajak dan menetapkan sejumlah orang dari dalam maupun dari luar perusahaan sebagai calon tenaga kerja dengan karakteristik tertentu sesuai dengan perencanakan yang telah ditetapkan sebelumnya.
- Seleksi; suatu proses menemukan tenaga kerja (tenaga pendidik) yang tepat dari sekian banyak kandidat atau calon yang ada. Biasanya dengan menggunakan surat lamaran.
- Penempatan; peserta didik di tempatkan di kelas jurusan sesuai dengan keahliannya.
- Orientasi; program yang dirancang untuk menolong peserta didik ( yang lulus seleksi) mengenal sekolah tempat mereka melakukan kegiatan belajar mengajar.
- Pengembangan;dapat di definisikan sebagai suatu proses merekayasa perilaku perta didik sehingga merekai dapat menunjukan prestasi dan hasil belajar yang maksimal.
- BK; memberikan motivasi kepada peserta didik untuk lebih giat belajar.
- Mutasi; pemindahan sekolah peserta didik.
- Fasilitas layanan; fasilitas layanan harus tersedia agar memudahkan segala aktivitas pembelajaran.
- Pemberhentian; pemberhentian peserta didik dapat dengan cara kelulusan, drop out atau pindah sekolah.
Perencanaan peserta didik harus dibuat dengan sebaik mungkin agar peserta
didik dapat melakukan kegiatan belajar pembelajaran dengan baik. Sehingga kelak
akan menciptakan generasi-generasi yang memiliki sumber daya manusia yang
berkualitas nantinya.
Pembahasan perencanaan peserta didik ini juga bermanfaat bagi kami
khususnya untuk dapat merancang persekolahan yang baik sesuai dengan apa yang
kita inginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar