Jumat, 14 Juni 2013

KOMUNIKASI

A.  Pengertian Komunikasi

Istilah komunikasi berasal dari bahasa latin comunication yang berarti sama dalam hal ini berarti sama makna. Komunikasi juga diartikan sebagai upaya seseorang untuk merubah pikiran, perasaan atau perilaku orang lain (Effendi, 1992).
Komunikasi juga merupakan elemen dasar dari hubungan interpersonal untuk membuat, memelihara, dan menampilkan kontak dengan orang lain (Mary Ann, 1998).

B. Hakikat Komunikasi

Dari definisi diatas menyatakan bahwa komunikasi adalah usaha penyampaian pesan antar manusia. Terdapat tiga unsur utama yang dapat dibahas guna mengidentifikasi apakah suatu peristiwa merupakan bagian dari komunikasi yang kita kaji atau bukan. Tiga unsur tersebut adalah usaha, penyampaian pesan dan antar manusia.
1. Usaha
Kata ”usaha” menggambarkan unsur kesengajaan, adanya motif komunikasi yang menyebabkan 
seseorang dengan sengaja menyampaikan pesannya kepada manusia lain.
2. Penyampaian Pesan
Komunikasi adalah perilaku manusia dalam penyampaian pesan. Dengan kata lain, ilmu komunikasi 
hanya mempelajari tentang penyampaian pesan, bukan perilaku lainnya selain penyampaian pesan. 
Jika yang disampaikan bukan pesan.
3. Antar Manusia
Adanya manusia sebagai pengirim pesan dan manusia lain yang bertindak sebagai penerima pesan. 
Ilmu komunikasi tidak mempelajari komunikasi dengan yang bukan manusia. Obyek forma ilmu 
komunikasi adalah usaha penyampaian pesan antar manusia, yakni manusia yang sehat akal budinya. 
Obyek materia ilmu komunikasi adalah perilaku manusia, sama seperti obyek materia ilmu – ilmu 
sosial lainnya. Karena ilmu komunikasi hanya mengkaji komunikasi antar manusia dan tidak kepada 
yang bukan manusia

C.      Elemen Komunikasi

Komunikasi telah didefinisikan sebagai usaha penyampaian pesan antar manusia, sehingga untuk terjadinya proses komunikasi minimal terdiri dari 3 unsur yaitu : pengirim pesan (komunikator), penerima pesan (komunikan) dan pesan itu sendiri. Awal tahun 1960-an, David K. Berlo membuat formula komunikasi yang lebih sederhana yang dikenal dengan ”SMCR”, yaitu : Source (pengirim), Message (pesan), Channel (saluran-media) dan Receiver (penerima).


1. Komunikator
Pengirim pesan (komunikator) adalah manusia berakal budi yang berinisiatif menyampaikan pesan 
untuk mewujudkan motif komunikasinya. Komunikator dapat dilihat dari jumlahnya terdiri dari:
a.  Satu orang
b.  Banyak orang dalam pengertian lebih dari satu orang
c.  Massa

2. Komunikan

Komunikan (penerima pesan) adalah manusia yang berakal budi, kepada siapa pesan komunikator 
ditujukan. Peran antara komunikator dan komunikan bersifat dinamis, saling bergantian.

3. Pesan
Pesan bersifat abstrak. Pesan dapat bersifat konkret maka dapat berupa suara, mimik, gerak-gerik, 
bahasa lisan, dan bahasa tulisan. Pesan bersifat verbal (verbal communication) :
a.    Oral (komunikasi yang dijalin secara lisan)
b.    Written (komunikasi yang dijalin secara tulisan).Pesan bersifat non verbal (non verbal communication) :
c.    Gestural communication (menggunakan sandi-sandi à bidang kerahasiaan)

4. Saluran komunikasi & media komunikasi.

Saluran komunikasi merupakan alat yang digunakan untuk memindahkan pesan dari sumber kepada 
penerima. Terdapat dua cara :
a.    Non mediated communication (face to face) secara langsung
b.    Dengan media.

5. Efek komunikasi

Efek komunikasi diartikan sebagai pengaruh yang ditimbulkan pesan komunikator dalam diri 
komunikannya. Terdapat tiga tataran pengaruh dalam diri komunikan :
a.    Kognitif (seseorang menjadi tahu sesuatu)
b.    Afektif (sikap seseorang terbentuk) dan
c.    Konatif (tingkah laku, hal yang membuat seseorang bertindak melakukan sesuatu).Umpan balik dapat dimaknai sebagai jawaban komunikan atas pesankomunikator yang disampaikan.

D. Berbagai Macam Komunikasi

Ada 3 (tiga) macam komunikasi antara lain (Kariyoso, 1994) :
1. Komunikasi searah
Komunikator mengirim pesannya melalui saluran atau media dan diterima oleh komunikan. 
Sedangkan komunikan tersebut tidak memberikan umpan balik (feedback).
2. Komunikasi dua arah
Komunikator mengirim pesan (berita) diterima oleh komunikan, setelah disimpulkan kemudian 
komunikan mengirimkan umpan balik kepada sumber berita atau komunikator.
3. Komunikasi berantai
Komunikan menerima pesan atau berita dari komunikator kemudian disalurkan kepada komunikan 
kedua, dari komunikan kedua disampaikan kepada komunikan ketiga dan seterusnya.

E. Tingkatan Komunikasi

1. Komunikasi intra personal
Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi dengan diri sendiri, berusaha mengenal diri sendiri dan 
segala konsep diri yang melingkupinya, menyanyakan kepada diri sendiri tentang segala hal yang 
ingin dia ketahui terkait dengan keinginan, kebutuhan dan lain-lain.
2. Komunikasi interpersonal
Komunikasi Interpersonal adalah berkomunikasi dengan orang lain secara face to face maupun 
dalam kelompok.Komunikasi searah : pembicara memberikan sebuah informasi dan pendengar 
menyimak informasi tanpa memberikan pertanyaan, argumentasi maupun sanggahan. Komunikasi 
dua arah : pembicara dan pendengar saling melakukan aksi reciprokal atau saling berbalasan, saling 
bertukar peran, pendengar terkadang memberi informasi, pembicara terkadang mendengarkan.
3. Komunikasi massa
Komunikasi Massa : menyampaikan informasi kepada beberapa orang di sebuah situasi yang sengaja 
diciptakan.
Syarat komunikasi interpersonal yang baik.
a. Good Listener :  mendengarkan orang lain untuk memberi kesempatan mereka mengungkapkan ide atau pemikiran
b. Intonasi :  beri irama dalam setiap ucapan sehingga kata – kata mampu diserap dan dicerna oleh pendengar
c. Empati :  memperhatikan respon emosi orang lain, jangan terlalu banyak humor jika lawan bicara sedang sedih atau sebaliknya.
d. Humor :   menyegarkan hubungan dengan sebuah suasana yang fresh dan tidak terkesan formal.
e. Positioning :  menguasai posisi dimana harus berdiri, kapan harus mendekat, kapan harus menjauh, membuat perubahan posisi di depan, ditengah maupun dibelakang.
f. Volume Suara :   ucapan yang dikeluarkan mampu didengarkan oleh orang – orang dalam massa tersebut.
g. Bahasa Tubuh : jangan terlalu banyak mengekplorasi bahasa tubuh yang tidak perlu.
h. Motivasi : gunakan kata – kata atau bahasa yang inspiratif maupun membangkitkan motivasi, bahkan dalam suasana belajar mengajar sekalipun, memotivasi orang lain sekalipun merupakan sebuah hal perlu dipertimbangkan.

F. Faktor yang Mempengaruhi Komunikasi

Komunikasi sering mengalami gangguan sehingga proses komunikasi tidak seperti yang diharapkan. Banyak hal yang dapat mempengaruhi komunikasi diantaranya :
1.Latar belakang budaya
Interpretasi suatu pesan akan terbentuk dari pola pikir seseorang melalui kebiasaannya, sehingga semakin sama latar belakang budaya antara komunikator dengan komunikan maka komunikasi semakin efektif.
2. Ikatan dengan kelompok atau grup
Nilai-nilai yang dianut oleh suatu kelompok sangat mempengaruhi cara  
mengamati pesan.
3. Harapan
Harapan mempengaruhi penerimaan pesan sehingga dapat menerima pesan sesuai dengan yang diharapkan.
4. Semakin tinggi pendidikan akan semakin kompleks sudut pandang dalam menyikapi isi pesan yang disampaikan.

G. Fungsi Komunikasi
1.      Dapat menyampaikan pikiran atau perasaan.
2.      Tidak terasing atau terisolasi dari lingkungan
3.      Dapat mengajarkan atau memberitahukan sesuatu
4.      Dapat mengetahui atau mempelajari peristiwa di lingkungan
5.      Dapat mengenal diri sendiri
6.      Dapat memperoleh hiburan atau menghibur orang lain
7.      Dapat mengurangi atau menghilangkan perasaan tegang
8.      Dapat mengisi waktu luang
9.      Dapat menambah pengetahuan dan mengubah sikap, serta perilaku kebiasaan
10.    Dapat membujuk atau memaksa orang lain agar berpendapat bersikap atau berperilaku sebagaimana yang diharapkan.

H. Tujuan komunikasi
Tujuan komunikasi adalah untuk membangun/menciptakan pemahaman atau pengertian bersama. Saling memahami atau mengerti bukan berarti harus menyetujui, tetapi mungkin dengan komunikasi terjadi suatu perubahan sikap, pendapat, perilaku, ataupun perubahan secara sosial.
1. Perubahan sosial
Seorang komunikan setelah menerima pesan kemudian sikapnya berubah, baik positif maupun negatif.
2. Perubahan pendapat
Dalam komunikasi berusaha menciptakan pemahaman.
3. Perubahan perilaku
Komunikasi bertujuan untuk merubah perilaku maupun tindakan seseorang, dari perilaku yang dekstruktif (tidak mencerminkan perilaku hidup sehat, menuju perilaku hidup sehat).
4. Perubahan sosial

Membangun dan memelihara ikatan hubungan dengan orang lain sehingga menjadi hubungan yang makin baik. Dalam proses komunikasi yang efektif secara tidak sengaja meningkatkan kadar hubungan interpersonal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar