1. Jelaskan
definisi sistem informasi akuntansi !
Komponen
sumber daya seperti manusia dan peralatan yang diatur untuk mengumpulkan,
menggolongkan, mengolah, menganalisa, mengubah data menjadi informasi, dan
komunikasikan informasi keuangan yang relevan untuk pengambilan keputusan
kepada pihak-pihak luar (seperti inspeksi pajak, investor dan kreditor) dan
pihak-pihak dalam (terutama manajemen). Sistem informasi Akuntansi dapat
dilaksanakan secara manual maupun komputerisasi.
2. Jelaskan
peranan Sistem informasi Akuntansi dalam rantai nilai !
Rantai
nilai organisasi terdiri dari lima aktivitas utama (primary activities) yang
secara langsung memberikan nilai kepada para pelanggannya, yaitu:
· Inbound logistics
terdiri dari penerimaan, penyimpanan, dan distribusi bahan-bahan masukan yang
digunakan oleh organisasi untuk menghasilkan produk dan jasa yang dijualnya.
· Operasi
(operations)
adalah aktivitas-aktivitas yang mengubah masukan menjadi jasa atau produk yang
sudah jadi. Sebagai contoh, aktivitas perakitan di dalam sebuah perusahaan
otomotif mengubah bahan mentah menjadi mobil yang lengkap.
· Outbound logistics adalah
aktivitas-aktivitas yang melibatkan distribusi produk yang sudah jadi ke para
pelanggan. Sebagai contoh, mengirimkan mobil yang sudah jadi melalui jasa
pelavaran ke para dealer mobil, adalah aktivitas outbound logistics.
· Pemasaran
dan Penjualan mengarah pada aktivitas-aktivitas yang
berhubungan dengan membantu para pelanggan untuk membeli jasa atau produk yang
dihasilkan organisasi. Pemasangan Man adalah sebuah contoh kegiatam pemasaran
dan penjualan.
· Pelayanan
(service)
memberikan dukungan pelayanan purna jual kepada para pelanggan. Misalnya
pelayanan perbaikan dan perawatan.
3. Sebutkan
dan jelaskan pihak eksternal dan internal pengguna utama informasi akuntansi ?
1)
Pihak eksternal
a. Investor
(investors)
Investor membutuhkan
informasi keuangan perusahaan untuk menentukan apakah akan menanamkan modalnya
atau tidak. Jika dalam prediksi investor akan memberikan keuntungan yang baik,
maka investor akan menyetorkan modal ke perusahaan, dan begitu juga sebaliknya.
b. Pemegang
saham / pemilik perusahaan (stockholders)
Para pemilik perusahaan
yang mempunyai bagian saham perusahaan membutuhkan informasi keuangan
perusahaan untuk dapat mengetahui sejauh mana kemajuan atau kemunduran yang
dialami perusahaan. Pemegang saham akan mendapatkan keuntungan dari dividen
yang akan semakin besar jika perusahaan untung besar.
c. Lembaga-lembaga
pemerintahan (government agencies)
Besarnya pajak yang
harus dibayarkan perusahaan atau organisasi kepada pemerintah sebagaian besar
berdasarkan atas informasi pada laporan keuangan perusahaan.
d. Kreditor
(creditors)
Jika perusahaan sedang
terdesak dan membutuhkan dana segar perusahaan mungkin akan meminjam uang pada
kreditor seperti meminjam uang di bank, berhutang barang pada supplyer /
pemasok. Kreditur akan memberikan dana jika perusahaan memiliki kondisi
keuangan yang baik dan tidak akan memiliki potensi yang besar untuk merugi.
e. Pihak lainnya
Sebenarnya masih banyak
pihak lain dari luar perusahaan perusahaan yang mungkin saja akan menggunakan
laporan / informasi akuntansi suatu organisasi seperti para karyawan, serikat
pekerja, auditor akuntan publik, polisi, pelajar / mahasiswa, wartawan, dan
banyak lagi lainnya.
2) Pihak
internal
Pihak internal adalah pihak
yang berada dalam struktur organisasi yaitu para pengelola (managers).Terdapat
beberapa kebutuhan dan permintaan akan informasi yang berbeda-beda sesuai
jenjang manajerial pada suatu organisasi. Contohnya seperti manajer yang
melihat posisi keuangan perusahaan untuk memutuskan apakah akan membeli gedung
untuk kantor cabang baru atau tidak.
4. Jelaskan
fungsi sistem informasi akuntansi dalam suatu organisasi !
a. Struktur
organisasi yang sederhana sampai dengan struktur organisasi yang melibatkan
beberapa spesialis yang bermutu.
b. Mengumpulkan
dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas dan transaksi-transaksi yang
dilaksanakan oleh organisasi.
c. Mengubah
data menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk membuat
keputusan dalam aktivitas perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.
d. Menyediakan
pengendalian yang memadai untuk menjaga harta organisasi.
5. Sebutkan
dan jelaskan aplikasi teknologi informasi pada suatu organisasi ?
a. Aplikasi
Teknologi Informasi yang menjadi landasan dari berbagai aplikasi lain yang ada
di dalam Perusahaan antara lain sistem operasi, basis data, network management
dan lain-lain.
b. Aplikasi
yang sifatnya mendasar (utility) yaitu aplikasi Teknologi Informasi yang
dipergunakan untuk berbagai urusan utilisasi sumber daya Perusahaan anatara
lain sistem penggajian, sistem akuntansi & keuangan dan lain-lain.
c. Aplikasi
Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan spesifikPerusahaan terutama
yang berkaitan dengan proses penciptaan produk/jasa yang ditawarkan Perusahaan
antara lain Aplikasi Properti, Aplikasi Forwarding dan Aplikasi Pergudangan.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar